Saat Kukenal Dia.... dan Mereka...

Standup Comedy, ya pastikalian sudah tau apa itu standup comedy. Nggak seperti setahun dua tahun yang lalu dimana belum banyak orang yang tau. Berkat adanya acara Standup Comedy Kompas TV dan Standup Comedy Metro TV, pelan pelan perhatian penonton tertarik ke arah standup comedy. Sebenarnya awalnya sih ini hasil perjuangan juga dari segelintir orang yang menghidupkan Standup comedy itu sendiri di Indonesia karena sebenarnya Standup Comedy tidak berasal dari Indonesia. Awalnya Standup Comedy itu dari Amerika, itu juga kayaknya hehe :P Segelintir orang itu adalah Raditya Dika, Pandji Pragiwaksono, ... ya itulah, sisanya cari sendiri di internet. Kalian pasti nggak asing sama mereka. Raditya Dika, si penulis yang bukunya udah kayak permen, hampir semua orang beli. Aku beli juga ? ya kalo udah gratis. Dia juga bikin serial komedi "Malem Minggu Miko" yang awalnya di youtube terus ditayangin di Kompas TV barengan sama Rian Adhriyandi (Comic juga)(comic tu sebutan seorang standup comedian)(Standup comedian itu orang yang melakukan standup comedy)(aku tau kalian capek kebanyakan liat buka tutup kurung.) Kalo si Pandji tu yang dulu jadi presenter "Kena deh !". Katanya sebelumnya udah ada namanya Ramon Papana tapi itu taun berapa aku ndak tau. Udah cukup ya penjelasannya.

Standup comedy, dunia yang sekarang ini lagi aku masuki dan pelajari. Sebelumnya aku cuma kenal komedi itu ya OVJ. Awal mulanya aku tau Standup Comedy itu dari temenku yang nyeritain joke gitu terus aku ketawa. HA HA HA. Waktu itu ketawaku nggak cuma tiga kata. Terus dia cerita kalo itu joke dari Raditya Dika. Ha ? siapa ? radika dika ? dengernya waktu itu gitu. Temenku bilang dia tu pengisi acara standup comedy di metro taun 2010-2011an lah kalo nggak salah. Dia juga bilang kalo radika, eh raditya dika juga nulis buku yang lucu. Isinya bukan bukunya yang lucu. Aku terus dikasi bukunya yang "MANUSIA SETENGAH SALMON". Pertama kali liat buku itu, aku kira ini buku biologi. Terus tak baca. Ketawa deh. Terus aku coba cari di youtube videonya. Waaaw ternyata Selena Gomez tu cantik ya. Eh, maap salah buka tab. ........ .Kebetulan waktu mau naik kelas 2 SMA, classmeeting waktu itu, ada lomba Standup Comedy. Aku daftar. Tiap kelas harus ada perwakilannya. Aku download semua video Raditya dika sama Ernest Prakasa waktu itu. Aku pelajari, aku bikin materiku sendiri. Aku latihan tiap hari sampe hari-H lomba. Dan akhirnya temenku tadi yang menang. .....

Sejak itu aku sama temenku punya niat buat bikin komunitas karena begitu besarnya animo siswa SMA 2 Semarang terhadap standup comedy. Animo, cie gitu bahasanya. Terbentuklah StandupSmanda, baru twitternya. Cieh followernya langsung nembus 50an, terus kita mutusin buat ngadain ketemuan sama follower di depan aula waktu itu. Ada dua yang dateng. Ada aku, temenku, udah. Tiba tiba "ting" ada mention dari Standup Comedy Semarang (@StandUpIndoSMG). Bilangnya gini, eh tulisannya maksudnya " Besok kamis malem bisa ke h***** cafe ?" kurang lebih begitu. Jeng jeng jeng. Harus gimana kitaaaa. Seriusan waktu itu bingung dateng apa enggak. Akhirnya kita beraniin untuk dateng terus kita nonton acara open micnya. AWESOME !! Besok besoknya kita dapet mention lagi ke cafe yang sama. Terus kita dikasi nasihat nasihat gitu sama komik lokal semarang namanya mas Parweed (nama samaran ) soal komunitas, sama dikit dikit di ajarin cara bikin materi dan dikasi slot untuk open mic di cafe sekitaran ketileng. Itulah awal mula aku belajar Standup Comedy.

: @giandiwp
-nama parweed tadi adalah bukan nama asli. Bila ada kesamaan nama, tokoh, watak dan yang lainnya hanyalah kebetulan yang disengaja semata.-

Comments

Popular posts from this blog

Makanan Jepang Enak tapi Murah

Tempat Makan Enak dan Berkelas ya Kedai Korokeling

Booking.com

Booking.com Booking.com Booking.com